Rabu, 02 Januari 2013

etika bisnis

1.pengertian etika profesi akuntansi

etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan yang buruk,tentang hak dan kewajiban. etika juga dapat disebut dengan filsafat moral yang berarti filsafat yang berbicara tentang tindakan manusia. etika tidak mempersoalkan keadaan manusia melainkan mempersoalkan tentang bagaimana manusia harus bertindak.sedangkan profesi adalah kegiatan apa saja dan siapa saja untuk mencari nafkah yangb. dilaukan oleh keahlian khusus. Sedangkan akuntansi memiliki arti adalah sebuah kegiatan mencatat,menolah,serta menyajikan data transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan. jadi etika profesi akuntansi adalah suatu ilmu yang mebmbahas tentang perilaku baik atau buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia terhadap pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus untuk akuntan.jadi kesimpulannya etika adalah suatu studi tentang kebiasaan manusia berdasarkan kesepakatan,menurut ruang dan waktu yang berbeda,yang menggambarkan perilaku manusia dalam kehidupan pada umumnya.etika profesi akuntansi adalah suatu ilmu yang membaha tentang perilaku baik dan buruk manusia yang dapat dipahami oleh nalar manusua itu sendiri.

2. prinsip prinsip etika
 tuntutan profesional sangan erat hubungnnya dengan kode etik untuk masing masing profesi. prinsip prinsip etika pada umumnya yang paling berlaku untu semua orang, juga berlaku untuk profesional sejauh mereka manusia.
a. prinsip tanggung jawab, tanggung jawab adalah salah satu prinsip pokok untuk kaum profesional, oeang yang sudsh profesional dengan sendirinya sudahvertanggung jawab, pertama bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dan hasilnya
b. keadilan, prinsip ini menuntut kaum profesional agar dalam menjalankan profesinya ia tidak merugikan hak dan kepentingan pihak tertentu, khususnya orang orang yang dilayani. prinsip ini menuntut agar dalam menjalankan profesinya orang yg profesional tidak boleh melakukan diskriminasi.
c. prinsip otonomi, prinsip yang dituntut oleh kaum profesional oleh dunia luar agar mereka diberikan kebebebasan sepenuhnya untuk melakukan pekerjaanya sendiri. karena hanya kaum profesional ahli yang terampil dalam bidangnya.
d. prinsip integral moral, berdasarkan hakikat dan ciri ciri profesi diata terlihat bahwa orang yang profesional adalah orang yang memiliki integritas pribadi dan moral yang tinggi,karena ia memiliki integritas yang tinggi untuk melindungi profesinya, nama baiknya serta orang lain yang mempercayainya.

3. basis teori etika
 dari kata yunani,telos atau yang berarti tujuan
 mengukur baik dan buruknya suatu tindakan yang berdasarkan tindakan yang akan dicapai dengan tindakaan itu atau berdasarkan dengan akibat yang ditumbulkaari dakan tersebut.
sebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar